Sunday 11 October 2015

Kalimat Dan Arti Hauqalah

Lafaz kalimat Hauqalah yaitu “Lahaula wala kuwata illabillah” Artinya “Tidak ada daya dan upaya kecuali dan Allah SWT
Diucapkan saat kita mengalami dari merasa tak mampu mencari jalan keluarnya.

Kalimat ini menegaskan bahwa Allah itu Kuat, tidak ada satupun yang dapat menandingi kekuatan Allah SWT, semua makhluk akan lemah, binasa dan tidak memiliki kekuatan apapun kecuali dengan pertolongan Allah.

Orang Islam yang meyakini bahwa Allah Maha Kuat, maka akan selalu tawadhu, tidak pernah sombong dan angkuh, kekuasaan dan kekuatan yang dimiliki tidak berarti apapun bila dibandingkan dengan kekuatan Allah SWT.

Keutamaan dari bacaan hauqalah
1. Setelah shalat, Merupakan tabungan/simpanan untuk surga. Wahai Abdullah bin Qais, maukah engkau kuberitahu tentang salah satu tabungan/simpanan dan simpanan-simpanan surgawi? Abdullah bin Qais menjawab: ‘Tentu, wahal Rasulullah Ia bersabda: ‘Ucapkanlah laa haula wa Iaa quwwata illa billah” (Al-Hadis)

2. Merupakan salah satu pembuka pintu surga
“Maukah engkau aku tunjukkan salah satu dari pintu surga?Aku berkata, ‘tentu BeIiau bersabda, ‘Laa haula wala quwwata illa billah” (Al-Hadis)

3. Hauqalah hendaknya sering-sering dibaca oleh orang sakit
“Sebagian penjenguk orang yang sakit memberiikan nasihat agar sisakit banyak-banyak membaca hauqalah (Iaa haula wala quwwata illa billah)”

Kita mengucapkan kalimat hauqalah senatiasa untuk meminta perlindungan Allah. Setiap kita mengucapkan lafaz hauqalah bahwa kita yakin Allah ada bersama kita. Sehingga kita selalu berharap mendapatkan pertolongan Allah. Kita meyakini bahwa Allah maha kuat. Sehingga kita tidak pernah sombong dan angkuh.

Bacaan hauqalah kita ucapkan pada saat
1.Melakukan pekerjaafn yang berat
2. Pada saat akan bepergian jauh
3. Ketika kita mendapatkan amanah
4. Kita ingin menghadapi ujian untuk meminta kekuatan
5. Ketika dzikir

Membiasakan Membaca Kalimat Thayibah Dalam kehidupan sehari-hari kita membiasakan membaca kalimat thayibah, selalu kita membiasakan untuk mengucapkan hal yang baik, ketika kita melihat sesuatu yang indah, sesuatu yang menyeramkan, menakutkan, sesuatu yang menakjubkan dan sesauatu yang kurang enak juga kita selalu membiasakan mengucapkan kalimat thayibah.

Kalimat Thayyibah
  • Kalimat Ta’awudz adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT
  • Kalimat Basmalah adalah ucapan yang dilakukan saat memuai pekerjaan
  • Kalimat Hamdalah kalimat yang diucapkan setelah mengakhiri pekerjaan
  • Kalimat Takbir kalimat yang sering kita dengrakan pada waktu azan
  • Kalimat Tasbih kita ucapkan ketika melihat sesuatu yang menakjubkan
  • Kalimat Tahill lafaz yang sering kita dengar dan lakukan ketika kita meminta ampunan kepada Allah untuk orang telah meninggal dunia
  • Kalimat Hauqallah kita ucapkan untuk memohon pertolongan Allah
Barangsiapa yang tidak memuliakan karena ketaqwaan. maka tidak ada kemuliaan baginya. (Imam Syafi’i)

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita