Thursday 15 September 2016

Amalan-Amalan Lain Yang Juga Bermanfaat Untuk Orang Mati

amalan untuk orang yang sudah mati
Beberapa waktu sebelumnya sudah diposting terkait beberapa pendapat ulama tenang sampainya hadiah pahala bacaan dan amalan untuk orang mati (baca : Pendapat Ibnu Taimiyah Dan Ibnul Qayyim Tentang Sampainya Hadiah Pahala Amalan Untuk Orang Mati). Kali ini penulis akan ulas Amalan-amalan Lain yang Juga Bermanfaat Untuk Orang Mati.

Setelah kita membahas dengan agak panjang lebar masalah membaca Al-Qur’an untuk orang mati sehingga kitapun dapat mengetahui validitas (keabsahan) amalan tersebut, maka berikut ini kami coba ketengahkan amalan-amalan lain yang juga sangat bermanfaat untuk orang mati. Namun demikian perbedaan pendapat dalam beberapa amalan ini -kalaupun ada- tidaklah separah perbedaan pada membaca Al-Qur’an untuk orang mati. 

Dan amalan-amalan ini yang juga disertai dengan dalil-dalil yang kuat dapat menjadi tambahan bukti bahwa mayyit itu masih dapat memperoleh manfaat dengan amalan-amalan orang lain yang masih hidup. Sehingga hadits Nabi yang berbunyi :

dan juga firman Allah :


Praktis tidak boleh dipahami secara zohirnya saja (tekstualis) karena pemahaman seperti ini akan menyebabkan terjadinya perbenturan dengan beberapa dalil yang lain termasuk dalil-dalil beberapa amalan berikut yang semuanya menunjukkan bahwa ternyata amalan yang masih bisa dirasakan manfaatnya oleh sang mayyit tidak hanya tiga seperti yang tersebut dalam hadits ini dan juga bahwa mayyit masih bisa memperoleh manfaat dari amalan orang lain. Karenanya firman Allah diatas mesti dipahami seara komprehensip (berpadu dengan dalil-dalil yang lain), bukan hanya dengan pemahaman mentah yang selalu cenderung mengabaikan dalil-dalil lain. 

Beberapa amalan dimaksud adalah : 
(silahkan buka tautan dibawah ini untuk pembahasan lebih lengkap)

Dan selanjutnya kita akan coba bahas secara agak rinci satu persatu, berikut dengan dalil-dalilnya pada pembahasan berikutnya..

0 komentar:

Post a Comment

Tabir Wanita